User


Say Sayko
Country
Afghanistan
Email Address
mistywalker716@gmail.com
Contacts (0) View all
Say Sayko
Professional Details

7 Fungsi Kesehatan Dandelion, Plus Teknik Pemanfaatannya

Banyak orang merasa kalaupun bunga dandelion jadi gulma di pelataran rumah. Gak boleh salah duga, bunga punya warna kuning yang beralih jadi bulu-bulu putih halus ini mempunyai beberapa fungsi kesehatan. Kenali beberapa fungsi dandelion di bawah ini.

Kandungan dandelion

Dandelion merupakan tanaman dengan bunga punya warna kuning. Di saat udah dewasa, bunga ini dapat diselimuti bulu-bulu putih sebagai benih tanamannya.Taraxacum officinale merupakan varietas yang umum dari tanaman ini serta tumbuh di beberapa sisi dunia.

Pakar botani merasa dandelion jadi gulma alias tanaman pengganggu. Tapi, banyak orang-orang gunakan daun, tangkai, bunga, serta akar dandelion untuk arah penyembuhan preferensi.Taraxacum officinale pula punya kandungan sebagian kecil beta-karoten, selenium, serta vitamin A yang banyak berfaedah buat mempertahankan kesehatan Beauty.

Apa fungsi dari dandelion?

Sejumlah kapasitas fungsi dandelion misalnya berikut ini.

1. Kaya anti-oksidan

Anti-oksidan buat perlindungan sel badan dari radikal bebas gara-gara depresi oksidatif, waktu molekul tidak konstan sebabkan kerusakan sel yang dapat mengakibatkan penyakit.Taraxacum officinale punya kandungan beta-karoten, sebagai senyawa anti-oksidan.

Kajian memberikan jika senyawa anti-oksidan seperti beta-karoten permainkan andil penting dalam kurangi kerusakan sel.Bunga dandelion pula kaya dengan flavonoid serta polifenol, sebagai type anti-oksidan yang lain.

2. Kurangi cholesterol

Dandelion punya kandungan senyawa bioaktif yang bisa menolong turunkan takaran cholesterol badan.Sejumlah kajian yang sedang dilakukan baik pada hewan ataupun sel udah memberikan jika Taraxacum officinale barangkali bisa menolong turunkan lemak pada darah.

Lemak darah yang dikatakan dapat termaksud lipid, cholesterol, serta trigliserida.Tapi, kapasitas obat herbal dandelion buat menolong menyembuhkan cholesterol tinggi masih perlu kajian seterusnya serta tes medis pada manusia.

3. Menentang infeksi

Dandelion punya potensi buat kurangi infeksi, lantaran kandungan polifenol.Infeksi merupakan tanggapan metode kekuatan kepada luka atau infeksi. Tapi, infeksi periode panjang bisa sebabkan kerusakan tetap pada jaringan serta DNA badan Anda.

Sejumlah kajian mendata penyembuhan dengan senyawa yang dari konsentrat Taraxacum officinale punya potensi kurangi infeksi dalam sel.Meskipun demikian Investasi Kesehatan sangatlah penting, kajian serta tes medis pada manusia masih dibutuhkan, pasalnya rata-rata study baru hanya tes pada hewan (in vivo) serta sel (in vitro).

4. Turunkan tekanan darah

Sebagian orang mengakui jika dandelion bisa turunkan tekanan darah, akan tetapi kajian dapat fungsi ini terbatas.Obat tradisionil dari Taraxacum officinale diyakini punyai resiko diuretik dari kalium, maka dari itu menolong buat keluarkan cairan dalam badan.

Daun dandelion adalah sumber kalium yang bagus. Analisis dalam Journal of hypertension (2015) memberikan jika kalium bisa menolong turunkan tekanan darah.Kalium bekerja dengan melemaskan dinding pembuluh darah, meresap cairan pada darah, serta buat perlindungan dari kram otot.

5. Mengendalikan gula darah

Asam chicoric serta chlorogenic merupakan dua senyawa bioaktif dalam Taraxacum officinale yang bisa menolong turunkan takaran gula darah.Kajian dalam Journal of ethnopharmacology (2018) memberikan jika senyawa ini bisa menambah sekresi insulin, hormon yang mengontrol takaran gula darah.

Tidak hanya itu, senyawa itu pula mengontrol peresapan glukosa (gula) di otot. Proses ini ke arah pada penambahan sensitivitas insulin serta pengurangan takaran gula darah.Tapi, analisis serta tes medis seterusnya masih dibutuhkan, pasalnya kajian baru hanya dijalankan pada hewan.

6. Buat perlindungan kesehatan hati

Sejumlah kajian pada hewan memberikan jika konsentrat dandelion bisa buat perlindungan dari kerusakan serta penyakit hati.Kajian Environmental toxicology (2016) mendapatkan jika konsentrat dandelion punya potensi menghalang kerusakan hati tikus yang terkena natrium dikromat, senyawa yang bisa sebabkan luka hati.

Kajian pada hewan lain memberikan jika konsentrat Taraxacum officinale pula punya potensi kurangi takaran lemak berlebihan yang diletakkan di hati serta buat perlindungan dari depresi oksidatif.Tapi situs web www.joefrocks.com, kajian serta tes medis masih dibutuhkan buat menegaskan gunanya pada manusia.

7. Barangkali menolong turunkan bobot tubuh

Sejumlah kajian memberikan jika tanaman herbal dandelion serta senyawanya punya potensi menguasai bobot tubuh.Satu study dari dalam jurnal Molecules (2020) mengerjakan rekayasa pada tikus memberikan jika konsentrat dandelion punya potensi mengendalikan bobot tubuh dengan kurangi peresapan lemak.

Study lain pada hewan pula mendapatkan jika asam klorogenat dikira kurangi bobot tubuh, kurangi timbunan lemak, serta mengganti takaran protein tersendiri.Walau demikian, masih dibutuhkan bisa lebih banyak kajian memiliki kualitas yang sedang dilakukan pada manusia buat memperlihatkan fungsi ini.

Groups

This user does not belong to any groups